Skip to main content

Featured

Reamer karburator

Reamer karburator tidak bisa dilakukan dengan sembarangan , karena karburator memiliki fungsi yang penting di dalam motor bakar , karburator memiliki fungsi untuk mengkabutkan bahan bakar dan udara kedalam ruang bakar , nah kalo proses reamer karburator dilakukan secara asal-asalan , udara yang masuk kedalam ruang bakar bisa tidak beraturan , nah proses reamer ini bertujuan untuk memperbesar pasokan yang masuk ke ruang bakar , sehingga putaran atas bisa lebih terasa , biasanya proses reamer dilakukan dengan menggunakan mesin bubut , bahkan ada yang menggunakan mini grinder / mesin bor tuner . salah satu proses reamer karburator  video diatas saya melakukan reamer pada bagian venturi dengan menggunakan mesin bubut CNC agar udara yang masuk kedalam lebih terarah dan tidak saling berbenturan .  pada reamer venturi berfungsi meningkatkan power pada putaran atas , jadi ya biar nambah panjang nafasnya hehe... Ini proses reamer karbu jupiter z ukurannya di buat jadii 22mm mengg

Bore up Vario

Banyak yang teriak kalau Honda Vario 110 cc susah dibuat mabur bin ngacir karena ada jalur water jacket yang bikin batas maksimal penggunaan hanya mentok di angka 58 mm. Lebih dari itu, sama dengan mesin berantakan. “Banyak cara kok bikin Vario mabur, tapi gak melulu soal piston, ya kali harus geser water jacket buat penggunaan harian saja,”ungkap Yorry Sumual, mekanik di Putra Speed dibilangan Kalibata, Pasar Minggu, Jaksel.

Nah, karena banyak cara, tim ME akan coba untuk menerjemahkan buat bradnsist, part dan gimana trik pasangnya? Yuk mari disimak baik-baik, dah pasti Vario kesayangan loe mabur, bradsir.

Piston

Jangan nekat deh, buat ngarep lebih dari piston 58 mm. Sebab repot di diameter mulut crankcase alias mentok bradsis! Tetap maksimalkan di ukuran 58 mm, tapi gunakan piston model slipery. Kenapa model slipery? Nanti akan dijawab di langkah selanjutnya. Masih seputaran piston susun ulang nat piston dengan kubahnya agar kompresi terfokus. Untuk sekadar informasi saja, piston standarnya 50 mm ya bradnsist.
Harga Piston: Rp 350 ribu





Pen Stroker
Nah di sinilah jawabannya, kenapa pakai piston model ceper. Pengunaan pen stroker dengan ukuran 3 mm, akan mengubah struktur panjang blok daripada harus tambah biaya membuat paking tambahan, lebih murah dan mudah mengganti jenis pistonnya. Penambahan pen stroker 3 mm membuat stroke standar yang awalnya 55 mm jadi 61 mm. Mau tahu berapa cc Vario loe sekarang bradnsist? Yap, seratuuussss. 162 cc.
Harga pen stroke plus pasang: Rp 300 ribu









Seputaran Head

Dari 110 cc jadi 162 cc otomatis diperlukan pasokan bensin ekstra, itu sebabnya klep standar dengan ukuran in 26 mm dan out 21 mm. Coba ubah dengan klep EE dengan ukuran klep in 31 mm dan out 25,5 mm atau gak mau ekstrem bisa pakai klep Sonic dengan ukuran in 28 mm dan out 24 mm. Porting polish? Ya pastinya lah bradnsist.
Harga klep dan ongkos bubut: Rp 500 Ribu.








Karburator

Ubahan yang sudah mendekati tahap sedang sampai berat ini otomatis mengikhlaskan karburator standar dengan Keihin PWL 26 mm eks Ninja R, gak usah khawatir dengan intake-nya bradnsist, tinggal 'ha'.
Harga Karburator PWL : Rp 980 ribu










Knalpot
Percuma makan banyak kalau buangannya gak sempurna, dipilihlah Knalpot lansiran WRX agar teriakan dan laju di putaran atas maksimal
 Harga Knalpot WRX: Rp 600 rebu










CDI
Perlu letikan dan durasi pembakaran yang maksimal, itu sebabnya CDI BRT Dual Band dipercaya untuk bertugas.
Harga CDI : Rp 650 ribu











Seputaran V-belt


Kalibrasi ukuran roller itu sudah pasti, tapi ingat ukurannya gak bisa dipatok rata, karena rute dan kondisi jalan juga pastinya berbeda. Untuk per CVT dipakai ukuran 1.500 rpm dengan tujuan tenaga di putaran bawah makin beringas.
Harga Seputaran V-belt: Rp 150 ribu









Rasio
“Kalau sudah mentok bore-up dan main pen stroke, tarikan awalnya masih gila-gilaan mending coba main di gigi rasio, sudah pasti nafas jadi panjang. Rasio standar Vario ada di kombinasi 12 – 45 mata, enaknya diganti dengan 13 – 43 mata, apalagi cara menggantinya simple, cukup bawa ketukang bubut untuk dipress dengan biaya selembar sepuluh ribu perak.”tutur Sony, mekanik Putra Speed dikawasan Bata Merah, Kalibata, Pasar Minggu.

Masih ujarnya,”Kalau gir yang kecil sih sepele tinggal ganti aja, kalau yang gede harus dibawa ketukang bubut, jangan sekali-kali nekat untuk mencabutnya sendiri, rawat retak karena gir tersebut tipis.
Nah, penasaran gimana sih cara menggantinya ?, gampang kok apalagi untuk part rasio-nya melimpah di toko-toko khusus matik, yuk ah kita intip apa aja sih yang dikerjakan..kemon.
Tools
-Kunci T8mm
-Kunci T10mm
-Kunci T 12mm
-Kunci sok 24mm
Barang belanjaan
-Rasio 13 – 43 Rp 250 – 300 ribu
-Oli transmisi :Rp 15 -20 ribu
Langkah kerja
1.Tap terlebih dahulu oli transmisi, dengan bantuan kunci T 12mm, miringkan motor agar oli keluar semua.
2.Lanjut buka deh semua daleman CVT dan roda belakang dengan kunci sok 24mm, yak semua sampe ketemu tutup girbok.
3.Pastikan oli tuntas keluar, langsung deh eksekusi dengan kunci T10mm, pelan-pelan bradsist, jangan sampai paking-nya koyak.
4.Neh, seperti ini lah penampakan kedua gir tersebut.
5.setelah gir yang besar dilarikan ketukang bubut tinggal pasang kembali deh semuanya, pasangkan per-CVT 2000 RPM, lalu setting roller..selesaiii.







BORE UP VARIO 200cc Klik Disini
SUMBER :www.motorexpertz.com


Comments

  1. Gan vario di stroke 3 m ganti stang seher gak?

    ReplyDelete
  2. Gan vario di stroke 3 m ganti stang seher gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo pake piston yg single ring g usah ganti gan

      Delete
  3. Vario pake piston kaze ukuran 150 rubah banyak GA?

    ReplyDelete
  4. Itu di ganti piston NPP ya gan? NPP yang jenis apa?

    ReplyDelete
  5. kalo varionya ganti seher 58 trus klepnya 28/24 Pnp ato harus rubah drajat?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts