Skip to main content

Featured

Reamer karburator

Reamer karburator tidak bisa dilakukan dengan sembarangan , karena karburator memiliki fungsi yang penting di dalam motor bakar , karburator memiliki fungsi untuk mengkabutkan bahan bakar dan udara kedalam ruang bakar , nah kalo proses reamer karburator dilakukan secara asal-asalan , udara yang masuk kedalam ruang bakar bisa tidak beraturan , nah proses reamer ini bertujuan untuk memperbesar pasokan yang masuk ke ruang bakar , sehingga putaran atas bisa lebih terasa , biasanya proses reamer dilakukan dengan menggunakan mesin bubut , bahkan ada yang menggunakan mini grinder / mesin bor tuner . salah satu proses reamer karburator  video diatas saya melakukan reamer pada bagian venturi dengan menggunakan mesin bubut CNC agar udara yang masuk kedalam lebih terarah dan tidak saling berbenturan .  pada reamer venturi berfungsi meningkatkan power pada putaran atas , jadi ya biar nambah panjang nafasnya hehe... Ini proses reamer karbu jupiter z ukurannya di buat jadii 2...

Cara Pasang Oil Cooler

 Komponen aksesori skutik banyak macamnya di pasaran, salah satu yang jadi banyak dipasang adalah oil cooler (OC) alias pendingin oli mesin. Pemasangan OC selain menjaga suhu mesin lebih sejuk, sehingga performa dapur pacu skutik kesayangan tetap prima, juga mendongkrak tampilan jadi berkesan lebih hi-tech.

Tapi banyak yang pasang hanya dijadikan pajangan, bukan sesuai fungsinya untuk menjaga suhu mesin. Memang sah-sah saja sih, tapi rasanya kurang afdol kalo komponen ini hanya dipasang buat gaya.

Biasanya OC yang harga murah seperti merek TAD yang lagi banyak dipakai. “Bentuknya memang bagus, makanya kebanyakan cuma dijadikan pajangan. Padahal bisa diaktifkan kok,” yakin Fandy Irawan alias Pendy dari Pendy Airbrush. Pendy sendiri sudah membuktikannya loh.

Memang ada beberapa penyesuaian supaya OC ini bisa berfungsi. Tapi gak sampai merusak mesin, karena cuma baut-baut yang dimodifikasi. “Baut pembuangan oli sama baut filter oli yang di kiri mesin,” terang pria bermarkas di wilayah Jagakarsa, Jaksel ini.

O iya, setelah pasang OC, volume oli mesin pakai 1 liter ya. Jadi ketika oli bersirkulasi, mesin enggak kekurangan oli. Trik ini bisa dicoba juga sama pengguna Honda BeAT loh.



1. Ini rahasianya. Baut yang punya ulir di kedua ujungnya dikawinkan sama baut pembuangan oli dan baut filter oli. Butuh bantuan tukang bubut nih

2. Baut ini diberi lubang yang agak besar di salah satu sisinya, sementara baut bawaan OC sudah pas. Ini supaya tekanan oli cukup kuat sampai pada bagian pendinginnya



3. Beginilah contoh baut yang sudah terpasang, karena pompa oli posisinya ada di situ, maka oli jadi punya daya dorong untuk naik ke OC

4. Sementara baut filter oli dibuat drat untuk jalur masuk oli yang sudah didinginkan bro. Hasilnya jadi seperti ini 

Sumber : Motor.otomotif.com

Comments

  1. mau nnya om untuk yang di lubangin agak bsar itu bagian mna nya om?
    mohon pencerahannya

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts